Selamat Datang Di Website Oi Kota Bekasi
http://oi-kotabekasi.blogspot.com/p/oi-kota-bekasi-peduli.html

Senin, 23 September 2013

Oi Kota Bekasi melakukan Sosialisasi biopori ke camat dan lurah se-kota bekasi

Dalam rangka lebih mengoptimalkan fungsi Biopori, Oi KOTA BEKASI mengadakan Sosialisasi Biopori yang dilaksanakan pada hari Selasa (17/09) di Rumah SOPAN Oi. yang di hadiri oleh para kepala camat dan lurah se Kota Bekasi, 



Menurut Wakil wali kota Bekasi, Achmad syaiku "tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk menambah wawasan serta pengetahuan dan ketrampilan pembuatan resapan air dengan teknik biopori. Selain itu dalam kesempatan ini juga akan diadakan pelatihan daur ulang sampah organik dan anorganik menjadi barang yang bisa dimanfaatkan."

Dengan diadakanya sosialisasi dan pelatihan cara pembuatan biopori oleh tim pengajar Oi KOTA BEKASI ini diharapkan masyarakat bisa membuat dan menggunakan peresapan air biopori secara baik dan benar, yaitu dengan membuat lubang resapan biopori dalam tanah dengan sampah organik untuk memicu terbentuknya biopori.

Biopori adalah pori-pori berbentuk lubang (terowongan kecil) yang dibuat oleh aktivitas fauna/organisme tanah atau akar tanaman, yang bisa berfungsi menyerap air terutama sir hujan yang mengalir sehingga dapat menjadi sumber cadangan air bagi air bawah tanah, tumbuhan sekitarnya serta membantu proses perubahan sampah organik menjadi kompos yang bisa dipakai sebagai pupuk. 

"Lubang resapan biopori (LRB) bisa dibuat dimana saja, baik di dalam tanah langsung, di bawah tanah berkonblok ataupun di bawah saluran air. Pembuatan LRB ini sederhana, dan bisa dibuat dengan mudah. Hasilnya juga sangat menguntungkan untuk meningkatkan kadar humus dan menyuburkan tanaman 

 Sosialisasi ini berjalan dengan lancar dimana banyak masyarakat sangat antusias. Bumi tidak bisa pulih tanpa campur tangan nyata dari manusia. Kesadaran diri itulah yang utama dalam memulihkan keadaan bumi dan kepedulian terhadapa lingkungan yang bisa dimulai dari hal yang kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan sangat membantu dalam pemulihan bumi menjadi yang lebih baik lagi.